Investasi Saham Untuk Mahasiswa

Investasi Saham Untuk Mahasiswa

Investasi Saham Untuk Mahasiswa

Investasi saham merupakan salah satu cara terbaik untuk memperoleh passive income. Dengan membeli saham, Anda bisa menghasilkan uang dari dividen tunai dan keuntungan harga jual saham. Sebelum berinvestasi, pahami dulu perusahaan yang akan kamu beli sahamnya dengan baik. Kamu harus memperhitungkan tim manajemen, kinerja keuangan perusahaan, dan bisnisnya secara keseluruhan. Tak bisa dipungkiri, risiko investasi saham lebih tinggi dibanding investasi lainnya. Selain itu , ambillah saham yang punya rasio hutang ke ekuitas (Debt to Equity Ratio) rendah

Takeaway: Investasi saham merupakan salah satu cara terbaik untuk memperoleh passive income

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang menjanjikan.

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang menjanjikan. Investasi saham adalah suatu kegiatan penerimaan dan penyelesaian dana melalui berbagai bentuk kontrak sebagai imbalan dari hasil kerja dari sumber daya (modal) yang dimiliki perusahaan manapun. Dalam hal ini dibatasi hanya pada modal usaha milik perusahaan tersebut atau yang diperolehnya dengan cara membeli saham-saham tersebut dan mendapatkan keuntungan dengan cara melakukan transaksi apabila nilai pasar saham tersebut naik atau turun.

Dengan membeli saham, Anda bisa menghasilkan uang dari dividen tunai dan keuntungan harga jual saham.

Sebelum berinvestasi, pahami dulu perusahaan yang akan kamu beli sahamnya dengan baik.

  • Research the company’s financial statements.
  • Understand the company’s business model.
  • Understand the company’s management team.
  • Understand the company’s competition.
  • Understand the company’s products and services.

Kamu harus memperhitungkan tim manajemen, kinerja keuangan perusahaan, dan bisnisnya secara keseluruhan.

Setelah mempelajari seluruh aspek penting dalam dunia investasi, kamu harus memperhitungkan banyak hal lain. Menurut KPMG Indonesia, perhatikan beberapa pertimbangan yang patut diperhatikan:

  • Tim manajemen perusahaan, termasuk nama pejabat dan jumlah penjualan per hari (daily average sales)
  • Kinerja keuangan perusahaan, terutama laba bersih (profit) secara trailing 12 bulan atau tahun lalu. Jika ada kekhawatiran tentang laba bersih di masa mendatang, kamu bisa menjadi investor pasif dan menunggu hingga akhir tahun berjalan.
  • Bisnisnya secara keseluruhan dengan melihat apakah mereka sudah merancang produk-produk baru yang cocok untuk pasar pada saat ini atau tidak.

Tak bisa dipungkiri, risiko investasi saham lebih tinggi dibanding investasi lainnya.

Tak bisa dipungkiri, risiko investasi saham lebih tinggi dibanding investasi lainnya. Risiko investasi saham bisa berupa kehilangan uang, karena harga saham menurun.

Kebanyakan investor awam tidak begitu memahami seluk beluk risiko tersebut. Mereka menganggap hanya ada satu jalur menuju keuntungan, yaitu dengan menjual sahamnya di level harga tertinggi yang pernah terjadi selama ini. Padahal risikonya juga dapat muncul di level yang lebih rendah ataupun lebih tinggi dibandingkan itu!

Selain itu, ambillah saham yang punya rasio hutang ke ekuitas (Debt to Equity Ratio) rendah.

Selain itu, ambillah saham yang punya rasio hutang ke ekuitas (Debt to Equity Ratio) rendah.

Ratio ini mencerminkan bagaimana besarnya jumlah hutang perusahaan dibandingkan dengan saham yang dimiliki perusahaan. Hutang berarti ada pemborosan uang untuk membiayai bisnis anda.

Namun, kalau masih banyak hutangnya maka tidak ideal loh membeli sahamnya. Karena terlalu banyak hutang utama karena pastinya akan berpengaruh negatif terhadap profitabilitas perusahaannya.

Investasi saham merupakan salah satu cara terbaik untuk memperoleh passive income.

Investasi saham merupakan salah satu cara terbaik untuk memperoleh passive income. Dengan menjadi pemilik sebuah saham, seluruh dividen atau keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan akan berikutnya akan dibagikan kepada investor.

Pembagian dividen tersebut dilakukan secara periodik sekali dalam satu tahun (misalnya setiap 3 bulan). Jika Anda ingin mendapatkan sumber pendapatan pasif yang cukup besar maka investasi saham merupakan pilihan yang sangat tepat untuk Anda gunakan.

Investasi ini tidak hanya memberikan keuntungan tunai tapi juga membutuhkan modal yang cukup besar agar bisa menjadi bagian dari investor utama perusahaan tersebut

Kesimpulan

Selama Anda memahami risiko dan prospeknya, investasi saham adalah salah satu jenis investasi yang menjanjikan. Investasi saham merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan passive income secara cuma-cuma.

Namun, sebaiknya sebelum berinvestasi di pasar modal, Anda harus pahami dulu perusahaan yang akan kamu beli sahamnya dengan baik.

About Aji

Check Also

Bagaimana Cara Main Saham

Bagaimana Cara Main Saham

Bagaimana Cara Main Saham Berinvestasi saham merupakan salah satu jalan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *