Cara Memulai Investasi Saham

Cara Memulai Investasi Saham

Cara Memulai Investasi Saham

Berinvestasi adalah cara yang bagus untuk mengembangkan uang Anda. Tetapi ini bisa mengintimidasi, terutama jika Anda baru mengenal dunia saham dan obligasi. Untuk membantu Anda memulai, berikut adalah 10 langkah yang akan membuat investasi menjadi sederhana.

Tetapkan anggaran

Langkah pertama yang baik ketika Anda siap berinvestasi adalah menetapkan anggaran Anda. Anda harus mulai dengan bertanya pada diri sendiri:

  • Berapa banyak yang ingin saya investasikan? Ini adalah jumlah uang yang Anda bersedia dan mampu masukkan ke dalam saham, obligasi, reksa dana, dan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF).
  • Berapa banyak yang bisa saya tabung setiap bulan? Lihatlah pendapatan dan pengeluaran Anda saat ini dan tentukan berapa banyak uang yang dapat Anda sisihkan setiap bulan untuk tujuan investasi Anda.
  • Jika angka ini terlalu rendah untuk apa yang Anda butuhkan, maka pertimbangkan untuk membuat lebih banyak perubahan di area lain dalam hidup Anda sehingga memungkinkan Anda untuk menabung lebih banyak.
  • Misalnya, jika tampaknya sulit bagi satu orang dalam rumah tangga untuk membuat semua makanan mereka sendiri setiap hari tanpa bantuan orang lain (termasuk anak-anak), maka mungkin meminta orang lain untuk mengambil alih tugas memasak akan sangat membantu – bahkan jika hanya sekali per minggu atau sekali setiap dua minggu.
  • Atau mungkin menyingkirkan TV kabel akan membebaskan uang ekstra untuk ditabung setiap bulan! Apa pun yang perlu diubah agar tujuan ini dapat dicapai, harus dipertimbangkan dengan hati-hati sebelum melangkah lebih jauh ke jalan menuju keamanan finansial.”

Cari tahu apa yang Anda inginkan dari investasi Anda dan seberapa cepat Anda akan membutuhkan uangnya.

Berinvestasi adalah tentang perencanaan masa depan. Langkah pertama menuju investasi yang sukses adalah mencari tahu apa yang Anda inginkan dari investasi Anda dan seberapa cepat Anda akan membutuhkan uang tersebut.

Jika Anda berinvestasi untuk masa pensiun, maka Anda akan memiliki jangka waktu yang panjang untuk menumbuhkan uang Anda.

Di sisi lain, jika ini adalah dana darurat atau rekening tabungan perguruan tinggi, maka yang terbaik adalah tidak berinvestasi dalam saham berisiko tinggi karena mungkin tidak cukup likuid untuk mendapatkan uang tunai itu saat paling dibutuhkan.

Pertimbangkan pro dan kontra dari menyewa penasihat keuangan.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyewa penasihat keuangan.

Penasihat keuangan yang baik dapat membantu Anda membuat keputusan investasi yang lebih baik, tetapi penting untuk diketahui bahwa penasihat keuangan tidak diperlukan.

Anda bisa melakukan riset sendiri dan menghemat biaya dengan membeli saham Anda sendiri langsung dari perusahaan atau perusahaan pialang online yang Anda pilih.

Di sisi lain, jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan riset dan lebih suka orang lain yang melakukan semua pekerjaan itu untuk Anda, menyewa seorang penasihat mungkin layak dipertimbangkan.

Jika ini terdengar seperti sesuatu yang akan berguna untuk situasi Anda, ada banyak cara gratis bagi Anda untuk menemukan penasihat keuangan yang baik:

 

Pahami jenis-jenis biaya yang harus Anda bayar.

Biaya adalah bagian utama dari investasi. Biaya-biaya ini bisa membingungkan, tetapi memahaminya adalah kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda. Ada banyak jenis biaya yang berbeda, tetapi berikut ini beberapa yang umum:

  • Biaya manajemen
  • Rasio biaya
  • Komisi dan biaya transaksi lainnya

Biaya manajemen dibayarkan kepada manajer investasi yang menjalankan akun Anda. Biaya ini biasanya dibebankan setiap bulan atau setiap tahun dalam jumlah tertentu yang tercantum dalam dokumen akun atau laporan online Anda.

Rasio biaya adalah jenis biaya lain yang dibebankan oleh reksa dana (sejenis investasi) berdasarkan berapa banyak uang yang telah Anda investasikan dengan mereka – semakin banyak uang yang Anda investasikan dengan mereka, semakin kecil biaya ini akan menjadi per dolar yang diinvestasikan.

Komisi dan biaya transaksi lainnya termasuk biaya perdagangan apa pun yang mungkin Anda keluarkan saat membeli dan menjual saham.

Mulailah dengan jumlah yang kecil dan pertahankan.

Berinvestasi di pasar saham adalah proses jangka panjang, jadi jangan panik ketika pasar turun atau jika Anda kehilangan sebagian investasi Anda.

Anda juga harus menahan diri untuk tidak mencoba mengatur waktu pasar dan memilih saham tertentu berdasarkan potensi pertumbuhannya.

Faktanya, banyak pakar keuangan setuju bahwa diversifikasi dalam portofolio Anda adalah salah satu cara terbaik untuk menginvestasikan uang dalam saham dan obligasi.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang berapa banyak uang yang harus Anda investasikan pada awalnya atau seberapa sering Anda harus menambahkan lebih banyak uang ke dalam portofolio Anda, berkonsultasilah dengan penasihat keuangan berpengalaman yang dapat membantu memandu Anda menuju strategi yang tepat berdasarkan tujuan dan tingkat toleransi risiko Anda.

Bagian: Gunakan opsi investasi berbiaya rendah seperti dana yang diperdagangkan di bursa dan dana indeks.

  • Gunakan opsi investasi berbiaya rendah untuk mempermudah mencapai tujuan Anda. Biaya investasi adalah apa yang Anda bayarkan untuk membelinya, dan harganya dapat bervariasi tergantung pada berapa banyak uang yang ingin Anda investasikan.
  • Dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) dan reksa dana indeks adalah dua jenis investasi yang cenderung lebih murah daripada opsi lain karena mereka secara otomatis melacak indeks pasar saham.
  • ETF dan reksa dana indeks mungkin lebih baik untuk investasi jangka panjang karena terdiversifikasi di antara banyak saham atau obligasi dalam satu dana, yang membuatnya lebih stabil daripada saham individu.
  • Jika saham tertentu menjadi terlalu berisiko untuk tingkat toleransi portofolio Anda atau tidak memenuhi salah satu kriteria Anda, Anda tidak perlu khawatir tentang membuat perubahan – seluruh ETF atau dana indeks akan berubah tanpa memengaruhi investasi lain dalam saldo dana dengan peringkat yang sama dengan pilihan awal Anda.*

Lakukan setoran rutin (idealnya sekali per bulan) ke dalam investasi Anda sehingga Anda dapat memanfaatkan dollar cost averaging.

Dollar cost averaging adalah strategi yang membantu mengurangi risiko. Sederhana saja. Anda menginvestasikan sejumlah uang tetap secara berkala dan membeli lebih banyak saham saat harga rendah dan lebih sedikit saham saat harga tinggi, sehingga membantu memperlancar kinerja portofolio Anda.

Manfaatkan kecocokan pemberi kerja jika tersedia melalui pekerjaan Anda.

Anda mungkin bisa mendapatkan kecocokan dengan pemberi kerja jika Anda bekerja untuk perusahaan yang menawarkan 401(k) dengan rencana pensiun.

Ini berarti bahwa perusahaan Anda akan mencocokkan apa yang Anda kontribusikan ke akun Anda, hingga persentase tertentu dari gaji Anda. Jika Anda tidak memiliki akses ke jenis program ini di tempat kerja, pertimbangkan untuk memulainya!

Berinvestasi mungkin terdengar menakutkan, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan setiap orang untuk memulai

Kenyataannya, berinvestasi dalam saham bisa tampak mengintimidasi pada awalnya. Pasar saham adalah sistem yang kompleks dan selalu berubah-ubah, yang bisa jadi sulit dipahami oleh pemula.

Tetapi begitu Anda tahu harus mulai dari mana, investasi saham tidak seseram kelihatannya. Faktanya, berinvestasi di pasar saham adalah salah satu cara terbaik untuk membangun kekayaan dari waktu ke waktu-dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang!

Jika Anda ingin memulai investasi, berikut ini beberapa langkah sederhana:

  • Mulailah dari yang kecil. Jangan membuang semua uang Anda ke dalam satu perusahaan atau membeli terlalu banyak saham; ini hanya akan menyebabkan kerugian jika perusahaan-perusahaan itu tidak berjalan dengan baik secara finansial atau gulung tikar sama sekali.
  • Ambil risiko bila perlu-tetapi berhati-hatilah dalam mengambil terlalu banyak utang.* Investasikan uang Anda dengan bijak sehingga uang Anda bekerja lebih keras untuk Anda daripada pekerjaan apa pun yang bisa Anda lakukan-dan praktikkan semua kiat ini sekarang sebelum terlambat!

Pada akhirnya, berinvestasi adalah sesuatu yang setidaknya harus dicoba sekali oleh setiap orang. Ini adalah bagian penting dari perencanaan keuangan, dan semakin cepat Anda memulainya, semakin baik Anda ketika tiba saatnya untuk pensiun atau pembelian besar lainnya dalam hidup Anda.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk meneliti saham atau mempelajari grafik-cukup pilih beberapa dana dengan biaya rendah dan pertahankan!

About Aji

Check Also

Bagaimana Cara Main Saham

Bagaimana Cara Main Saham

Bagaimana Cara Main Saham Berinvestasi saham merupakan salah satu jalan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *