Cara Bermain Trading Saham

cara bermain trading saham

Cara Bermain Trading Saham

Pernahkah Anda berpikir tentang pasar saham? Mungkin Anda bahkan bertanya-tanya apakah itu sepadan dengan waktu Anda.

Sebenarnya, pasar saham bisa mengintimidasi jika Anda tidak tahu  harus melakukan apa. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana Anda bisa mulai bermain di pasar saham dan menghasilkan uang!

Cara Menghasilkan Lebih Banyak Uang Bermain di Pasar Saham

  • Pasar saham adalah permainan zero sum.
  • Pasar saham adalah arena yang sangat kompetitif.
  • Anda dapat menghasilkan uang dengan berinvestasi pada pasar saham, tetapi hal itu tidak ada jaminannya dan Anda juga bisa kehilangan uang!

Membaca Berita

Bagian utama dari pekerjaan Anda sebagai trader saham adalah membaca berita. Jumlah informasi yang tersedia sangat besar dan Anda perlu tahu cara menggunakannya dengan benar jika Anda ingin menghasilkan uang.

Membaca berita akan membantu Anda memahami dan update tentang masalah dunia. Tetapi juga memberi Anda gambaran tentang saham apa yang mungkin terpengaruh oleh peristiwa tersebut.

Salah satu tip penting saat membaca peristiwa terkini adalah tidak mempercayai semua yang ditulis tentang mereka. Sangat mudah bagi jurnalis atau blogger dengan agenda (baik politik atau keuangan) untuk memutarbalikkan fakta sehingga sesuai dengan narasi mereka.

Jika sesuatu terdengar terlalu bagus atau buruk untuk sebuah perusahaan, mungkin ada sesuatu yang salah dengan informasi itu. Dan harus diambil dengan sebutir garam sampai terbukti sebaliknya melalui penelitian tambahan.

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah, berapa lama waktu yang berlalu antara ketika sesuatu terjadi dalam kehidupan nyata. Dan ketika hal itu sampai ke outlet online seperti surat kabar dan blog – ini, kadang-kadang bisa berarti berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu!

Jadi, meskipun artikel-artikel ini mungkin tampak seperti meliput peristiwa baru-baru ini, seringkali artikel-artikel ini tidak menunjukkan kepada kita apa yang terjadi saat ini. Melainkan hanya memberi kita gambaran umum berdasarkan informasi lama.

Fokus di Beberapa Perusahaan

Ketika Anda mempertimbangkan untuk membeli saham, penting untuk fokus pada beberapa perusahaan. Semakin banyak perusahaan yang Anda beli, portofolio Anda akan semakin terdilusi dan akan lebih sulit bagi Anda untuk mengukur seberapa baik kinerja setiap perusahaan.

Alih-alih mencoba terlibat dalam semua perusahaan yang berbeda ini, fokuslah hanya pada beberapa perusahaan yang tumbuh dan berkinerja baik pada pasar.

Ini mungkin tampak seperti nasihat yang jelas, tetapi banyak orang mencoba mendiversifikasi portofolio mereka dengan membeli saham dari beberapa industri atau sektor sekaligus.

Meskipun hal ini terkadang bermanfaat, ini juga berarti mereka mengambil risiko yang lebih besar karena mereka tidak memiliki cukup informasi tentang satu industri atau sektor.

Alih-alih mencoba pendekatan ini (yang cenderung tidak berhasil), tetaplah fokus pada industri tertentu karena dengan demikian Anda akan tahu apa yang membuat mereka berdetak lebih baik daripada orang lain!

Temukan Broker yang Baik

Memilih broker yang baik harus menjadi langkah pertama Anda. Anda menginginkan broker teregulasi yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik pada industri ini.

Komisi rendah juga penting karena Anda tidak ingin membayar lebih dari yang seharusnya untuk perdagangan Anda.

Jika Anda berencana trading dengan ponsel, cari broker yang menawarkan aplikasi untuk platform iOS atau Android sehingga mudah untuk mengakses akun Anda saat bepergian dari mana saja.

Anda Akan Mengalami Hari Menang dan Kalah

Anda akan mengalami hari kemenangan dan kekalahan. Jangan berkecil hati jika Anda kehilangan uang. Belajarlah dari kesalahan Anda tetapi jangan memikirkannya.

Jangan menginvestasikan lebih dari apa yang Anda mampu untuk kehilangan dalam satu perdagangan, atau seluruh saldo akun perdagangan Anda dapat dihapuskan kapan saja oleh satu perdagangan yang buruk (perdagangan yang merugi).

Bergabunglah Dengan Tren Perusahaan Favorit Anda

Investor terbaik fokus pada beberapa perusahaan. Pada awalnya, Anda mungkin ingin memperdagangkan saham dua atau tiga perusahaan yang Anda kenal dengan baik. Ini karena sulit untuk mengikuti lebih dari beberapa saham sekaligus dan melacak kinerjanya dari waktu ke waktu.

Ketika memilih saham pilihan Anda, pertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran perusahaan dan kapitalisasi pasar (berapa banyak uang yang dimiliki institusi).

Pastikan juga untuk membandingkan tingkat pertumbuhan pendapatan mereka (terutama selama lima tahun terakhir) sebelum berinvestasi pada satu saham tertentu.

Yang penting bukan hanya bahwa saham-saham ini berkinerja baik ketika sedang panas, tetapi juga ketika mereka tidak melakukannya dengan baik – yang berarti perlu ada stabilitas dalam kinerjanya dari waktu ke waktu sehingga Anda tidak akan kehilangan uang hanya karena yang lainnya sedang turun sekarang!

Kesimpulan

Berinvestasi dalam saham adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang tambahan dan membangun kekayaan.

Tetapi juga bisa berisiko jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Itulah mengapa penting untuk mengedukasi diri Anda sendiri mengenai cara kerja pasar saham sebelum terjun ke peluang investasi ini secara membabi buta.

Informasi dalam artikel ini akan membantu memastikan bahwa Anda memiliki pengalaman positif sebagai investor!

About Aji

Check Also

Bagaimana Cara Main Saham

Bagaimana Cara Main Saham

Bagaimana Cara Main Saham Berinvestasi saham merupakan salah satu jalan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *