Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung

Sada Cividei adalah pemandangan indah di Kawah Bandung

Ingin mengunjungi tempat wisata surga dunia di Bandung ? Tempat ini bisa kamu temukan di Kawah Putih Ciwidey, pemandangan disini sangat indah, harga tiket masuknya juga murah (bisa baca HTM nanti). Mendengar lubang putih pasti sudah tahu kalau tempat wisata yang satu ini terletak di daerah pegunungan, ya benar. Wisata alam ini terletak di Kabupaten Sividei Provinsi Jawa Barat. Di sana Anda akan melihat sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patua. Mari kita membaca.

Kisah lubang di rumput laut putih


Kawah Putih Ciwidey - tempat wisata di bandung yang menawan

Kawah putih ini terbentuk dari letusan dahsyat Gunung Patua pada abad ke-10. Namun, tidak seperti sekarang, banyak orang masih percaya bahwa daerah itu angker karena banyak burung terbang keluar dari daerah itu dan kemudian mati, itu wajar. Orang-orang percaya, bahkan jika alasannya tidak disayangkan. Tetapi ketika dia datang pada tahun 1837, ada seorang dokter. Franz Wilhelm Junghun akhirnya memutuskan untuk menyelidiki di sana untuk mengetahui penyebabnya. Dan hasil dokter menunjukkan ada bau belerang yang menyengat di puncak bukit Patua. Karena daerah tersebut telah menjadi pusat wisata dari waktu ke waktu, banyak orang telah menunjukkan minat untuk berkunjung ke sini. Sejak tahun 1987, pemerintah telah turun tangan dalam pengembangan kawah putih ini sebagai objek wisata. Kini Tangkuban, selain Perah, satu lagi wisata alam di Kota Bandung yang menjadi populer.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Cvidei (HTM); Bandung

Seperti yang disebutkan sebelumnya, biaya masuk di sini cukup murah. Anda hanya membayar Rp. 15.000.00 hanya untuk menikmati keindahan lubang putih. Bahkan, turis asing membayar lebih dari dua kali lipat harga tiket masuk turis lokal. Wisatawan asing harus membayar Rp. 30.000,00 per tiket masuk.

Di sini juga, karena jarak dari pintu masuk puncak yang panjang, sekitar 5 km, diperlukan bantuan transportasi. Jaraknya lumayan, sekitar 5 km, jalannya menanjak, tidak mungkin jalan seharian. Tapi jangan khawatir, dengan biaya tambahan Rs. 10.000.00/orang, Anda dapat menggunakan Angkutan Anting Ontang naik turun. Semut ontang ini bukanlah kendaraan tradisional melainkan mobil, hanya disebut semut ontang karena dalam bahasa Sudan artinya mundur. Ya, mobil ini akan mengangkut wisatawan dari dan ke atas. Sekian artikel tentang Kawah Putih Siwiday - Tempat wisata Bandung , semoga liburan anda menyenangkan.





Kawah Putih adalah tempat wisata paling populer di Bandung. Terletak di Rumput Laut, Jawa Barat, sekitar 50 kilometer dari Bandung. Kava Putih adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patua. Kawah putih Cividei terletak di daerah pegunungan di ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut. Pada ketinggian ini, suhu di kawasan wisata Kava Putih secara alami rendah, 8 hingga 22 derajat Celcius, jadi pastikan untuk membawa jaket atau celana ketat.

Seperti namanya, tanah di daerah ini berwarna putih karena kandungan belerangnya. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau di kawasan Kawa Putih berwarna putih kehijauan dan bisa berubah warna tergantung kandungan belerang, suhu dan kondisi cuaca. Kawah Putih, Jalan Raya Soreang, Ciwidey KM 25 Situ Patenggang dekat dengan tempat wisata dan mudah dijangkau jika membawa mobil sendiri karena banyak rambu-rambu jalan. Dikembangkan sebagai kawasan wisata, Kawah Putih memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap seperti:
  • Parkir yang memadai
  • ruang sholat
  • Transportasi dari pintu depan ke sumur
  • Pusat Informasi
  • Restoran dan tempat makan
  • toilet
Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Harga tiket wisata Kawah Putih sama pada hari biasa, hari libur dan akhir pekan yaitu Rp. 15.000 untuk biaya mobil sebagai berikut:
  • Parkir Mobil Atas (Mobil): Gosok. 150.000
  • Tempat parkir atas (motor): Rp. 35.000
  • Anting: Rp. 13.000
  • Parkir bawah (mobil): Rp. 6000
  • Parkir bawah (motor): Rp. 5000
  • Halte bawah (bus): Rp. 25.000
Parkir atas mengacu pada memindahkan mobil Anda ke area pit, bus tidak dapat diparkir di atas. Maksud dari parkir bawah tanah adalah untuk memarkir mobil anda di pintu masuk, kemudian anda bisa naik angkutan umum yang disediakan oleh Situs Wisata Rumput Laut Kawah Putih untuk mencapai puncak kawah. Kendaraan ini merupakan bakkie yang dilengkapi dengan kendaraan terbuka dan aman. Antang-Anting memiliki daya tampung maksimal 12 orang, namun jangan khawatir tidak mendapat tempat duduk karena banyak Antang-Anting yang bekerja di area tersebut.

Foto objek wisata Kawah Putih

Kawah Putih merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh para wisatawan terutama pada saat hari libur. Yang paling menarik bagi pengunjung adalah penampakan kawah yang didominasi warna hijau-putih.

Saat anda berkunjung ke Kawah Putih, kamera merupakan objek penting yang tidak boleh dilupakan, sayang sekali jika momen anda disana tidak diabadikan dalam sebuah foto atau video. Berfoto di dekat kawah bersama teman, keluarga atau kekasih bisa mengingatkan Anda betapa indahnya wisata alam di Bandung.

Jalan menuju White Hole juga mudah: Bagi yang menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus atau minibus dari Terminal Lui Panjang di Bandung Chiwiday dan berhenti di Angkot/Angkutan Umum Terminal Siwiday dari Terminal Siwiday. Ciwidey-Situ Patgang dan minta sopir untuk menurunkan Anda di depan gerbang lubang putih, Anda perlu mencari loket tiket di gerbang untuk membayar angkutan umum resmi ke tujuan lubang putih (Anda tidak perlu membayar untuk keluar lagi).

Baca juga: Daftar Lengkap Tempat Wisata di Bandung

Bagi yang menggunakan sepeda motor/sepeda dan tidak bisa jauh-jauh ke Kawa Putih, perlu parkir di dekat gerbang dan membeli tiket angkutan umum untuk mencapai Kawah Putih (ketika turun. Helm sudah di tempat. Dihimbau untuk beli 5k./ 10k 2 masker buat pegang helm jadi harus bawa masker dari rumah). Untuk kendaraan 4WD/mobil bisa langsung membawa mobil ke tempat tujuan di atas, namun jika hanya ada satu atau dua orang maka harga tiketnya akan cukup tinggi (harga tiket adalah per kendaraan, bukan per orang).

Bagi yang ingin melihat lubang putih harus berangkat pagi-pagi sekali, karena biasanya sekitar pukul 14-15:00 cuaca lubang putih mendung dan hujan, anda tidak bisa menikmati pemandangan lubang putih. Karena saat hujan di kawah, kawah juga diselimuti kabut yang cukup tebal.

Foto lubang putih di Bandung

Koleksi gambar lubang putih
Koleksi gambar lubang putih

Jelajahi Lubang Putih Bandung
Jelajahi Lubang Putih Bandung

objek wisata Witgat
objek wisata Witgat
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url